Tuesday, May 19, 2015

Ecoriding with ER6

Ecoriding......... mengendarai hemat and go green. Apa hebatnya sih? wah kalau saya sih ecoriding ini merupakan salah satu skill kita ngirit bensin lo karena tidak banyak juga orang bisa. Intinya adalah pengendalian diri kalau kata anak-anak mobil sih kaki kanan harus disekolahin, kalau di motor ya tangan kanan harus kita sekolahin. Selain ngirit bensin kita juga tahu seberapa jauh motor kita bisa berjalan dengan bensin yang ada di tangki.



Saya punya habit cukup unik karena selalu saya catat fuel consumption motor-motor yang saya pernah punya dari catatan tersebut bisa dilihat apakah ada something wrong dengan motor or apakah ecoriding sudah tepat. Sebelum bicara panjang lebar, saya berat badan 76 kg tinggi 169 cm, windshield posisi paling tinggi jadi angin kena di kaca helm saja. Si Biru kenalpot standar, tidak ada piggy back ubahan hanya pakai velg 6" dan ban 180 / 55 R-17. Baru keingetan bisa irit kayanya karena ada tambahan broquet 4 tablet di dalam tangki



Si Biru alias ninja 650 saya pakai harian dalam kota melibas aspal bintaro sampai gatot subroto konsumsi bensinnya dengan oktan 92 seringnya pakai shell super adalah 1 : 18 artinya 1 liter untuk 18 km. Buat luar kota short touring ke puncak or pelabuhan ratu pasti bisa diatas 1:20 kalau lewat pantura seperti ke Guci Tegal and Kuningan Cirebon tempo hari 1 : 25 rekornya semua saya hitung manual kalau pakai itungan odometer komputer ninja malah 1:27. Kalau dulu ninja 250 saya yang karbu paling irit keluar kota 1: 27 bukan ecoriding mode. Update dari touring ke Bromo Probolinggo saya dapat 1 : 27.7 km maksimum (tidak sempat foto) selesai trip di Bali 655.2 km dapat maksimum FC  1:27.5, artikelnya bisa dilihat disini



Mungkin ini sedikit sharing saya dari experience bawa si biru kalau mau irit:

  1. Oper gigi naik before 6 rb RPM dibawah itu optimal di 4 - 5 rb RPM. Menurut saya Er6 series ini torsi dan tenaganya sudah keluar sejak RPM rendah, cocok sekali buat saya pemain RPM rendah jadi gak perlu sampai diatas 6rb
  2. Usahakan cruising di rpm 3 - 5 rb RPM
  3. Cruising  speed below 100 kpj diatas itu sudah terlalu banyak power buat lawan angin dan cruising or touring gak nikmat jadi seperti kebut-kebutan
  4. Cruising speed juga harus konstan jangan terlalu fluktuatif
  5. Cek tekanan angin ban harus pas yaitu depan 32 dan belakang 36 psi
  6. Akselerasi halus saja or mau main kasar juga boleh asal di 6 rb RPM oper naik
  7. Deselerasi juga usahakan halus 
  8. Main klakson aja jangan bleyer-bleyer gas, bikin pemakai jalan lain aware kehadiran kita termasuk untuk overtake
  9. Escape route juga harus dipikirkan demi menjaga speed konstan, hehehe
  10. Jadilah road captain or ikut jangan terlalu jauh dari road captain. Ini ngaruh lo soalnya makin dibelakang or jadi sweeper or officer pasti speed akan jauh lebih tinggi. Pasti tau maksudnya kalau suka ikut touring dengan rombongan agak banyak

Tentunya untuk irit ini juga tergantung banyak hal termasuk jalur yang dilalui kalau banyak perbukitan pasti boros, saya dapat 1:25 karena lewat pantura yang lurus and membosankan serta speed gak begitu tinggi. 



Sekian sharingnya, selamat mencoba ecoriding genk









No comments:

Post a Comment